Berita Terkait dengan Lagu Dangdut | Indozone.id

Hidup makin berwarna dengan adanya musik dan lagu. Ada banyak sekali genre musik di dunia dan di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah musik dangdut.

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan genre musik satu ini. Hal ini karena memang di Indonesia sendiri lagu dangdut begutu populer, banyak sekali penikmat lagu ini.

Popularitas musik dangdut kian tinggi lantaran hampir setiap hari didendangkan dan dibuka ajang ajang serta kontestasi menyanyi lagu dangdut. Disamping juga sering diadakan pertunjukan musik dangdut dimana mana, dari pusat kota sampai pelosok.

Lagu dangdut sendiri memang menyenangkan. Bawaannya ceria dan mengajak untuk berdendang dan bergoyang dengan alunan musiknya yang syahdu. Itulah alasan kenapa musik ini laris manis dan diterima dengan baik di masyarakat.

Dangdut bisa dikatakan sebagai musik rakyat karena bisa dinikmati oleh semua kalangan. Tapi, tahukah anda asal usul musik dangdut? Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas sedikit tentang sejarah singkat musik dangdut dan beberapa hal terkait lagu dangdut. Simak selengkapnya berikut ini.

Asal Usul Musik Dangdut di Indonesia

Lagu dangdut merupakan salah satu musik paling populer di Indonesia dan banyak yang suka, karena asik untuk goyang.  Tapi darimana asal muasal musik dangdut? berikut ini penjelasannya.

Dangdut adalah salah satu genre musik radisional Indonesia populer. Musik dangdut punya unsur unsur  musik india utara (hindustani), Arab dan Melayu.

Ciri khas musik dangdut pada dentuman alat musik perkusi india disebut tabla dan juga gendang. Asal muasal musik dangdut juga tak lepas dari penharih lagu lagu Bollywppd dan musik tradisional India.

Alat Musik Dangdut

Alat musik yang biasa digunakan dalam lagu dangdut seperti ketipumg, suling, tamborin, drum set. Dan kini makin beragam alat musik dangdut seperri gitar elektrik/akustik, bas, saksofon, terompet, mandolin, dan banyak lagi.

Sub Genre Musik Dangdut

Berikut ini beberapa sub genre musik Dangdut

  • Genre dangdut asli (Contoh penyanyi, Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Megi Z.
  • Genre Dangdut Koplo (Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta).
  • Lagu dangdut rampak atau Calung (Jawa Barat Banten)
  • Lagu dangdut gondang (Sumatera Utara)
  • Lagu Dangdut tarling (Cirebon)
  • Lagu Dangdut jaranan (Banyuwangi)
  • Lagu Dangdut electone (Makassar, Sulawesi Selatan)
  • Lagu pop-dangdut rock-dut Dangdut House

Sejarah Lagu Dangdut

Sejarah lagu dangdut atau musik dangdut  mulanya dikenal sebagai Orkes Melayu. Lalu juga dipengaruhi musik musik India tradisional.dan Bollywood, seperti dilantunkan

Ellya Khadam dengan lagu dangdut “Boneka India”.

Sekitar tahun 1968 musik dangdut di Indonesia mulai dipopulerkan, salah satunya oleh Rhoma Irama. Kemudian pada tahun 1970-am, lagu lagu dangdut kian populer di tanah air dan semakin matang konsepnya.

Musik dangdut sendiri sangat luwes dan fleksibel. Terbuka terhadap berbagai genre musik lain seperti pop, rok, langgam, degung, keroncong hingga koplo.

Musik India juga begitu kuat pengaruhnya di lagu lagu dangdut Indonesia. Terlihat dari generasi awal musik dangdut klasik yang didendangkan penyanyi dangdut populer seperti Rhima Irama dengan lagu Terajana, Khana, yang dibawakan Mansyur S. Serta lagu dangdut bineka India yang dinyanyikan Ellya Khadam.

Saat ini, banyak penyanyi penyanyi dangdut dengan membawakan beragam varian musik dan lagu lagu dangdut modern membuat musik ini makin populer.

Nah itulah tadi sedikit informasi tentang lagu dangdut. Banyak orang menyukai musik ini lantaran enak didengar, menyenangkan dan enak untuk didedendangkan dan untuk bergoyang.