Belakangan ini situs untuk nonton live streaming IDN Live tengah menjadi perbincangan hangat. Bagaimana tidak? Sebab situs tersebut tak hanya digunakan untuk konten kreator saja, melainkan juga untuk marketplace lho.

Akan tetapi, tak sedikit dari para pemula yang belum paham mengenai cara jualan secara live streaming.

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips yang efektif bagi para pemula untuk berjualan secara live streaming.

1. Persiapan yang Matang

Sebelum memulai siaran langsung, kamu harus menentukan produk manakah yang akan ditampilkan kemudian susun alur presentasinya.

Adapun mengenai berbagai poin penting yang disusun seputar produknya, mulai dari fitur utama, manfaat, dan cara pemakaian.

Persiapkan juga berbagai peralatan yang mumpuni, seperti kamera berkualitas, mikrofon, pencahayaan, hingga koneksi internet yang memadai.

2. Lakukan Interaksi dengan Penonton

Saat melakukan siaran langsung, kamu bisa memulainya dengan menyapa para penonton sambil mengucapkan terima kasih atas kehadiran mereka.

Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menciptakan suasana yang lebih ramah dan mencair. Tak hanya itu, kamu juga harus menjawab semua pertanyaan dengan cepat yang diajukan oleh para penonton.

Bila perlu, mintalah saran atau pendapat kepada para penonton seputar produk yang kamu jual untuk menjaga interaksi agar tetap berjaan.

Kamu juga bisa mengadakan poling atau challenge kepada penonton agar suasananya lebih enjoy.

3. Demonstrasikan Produk yang Menarik

Selanjutnya, perlihatkan bagaimana produk yang kamu jual itu benar-benar dapat memenuhi kebutuan para penonton.

Jelaskan kepada mereka mulai dari fitur-fitur, keunggulan, hingga contoh penggunaannya secara jelas dan mendetail.

Jika pada produknya terdapat fitur-fitur khusus, kamu juga jangan sampai lupa untuk menjelaskannya. Bila memungkinkan, kamu bisa menggunakan model untuk mendemonstrasikan produknya secara nyata.

4. Menawarkan Promo Khusus

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa promo merupakan salah satu strategi yang paling ampuh dalam menarik minat konsumen sebanyak mungkin.

Kegiatan promo ini berlaku untuk penjulan secara offline maupun live streaming. Dalam hal ini, kamu bisa memberikan kode diskon eksklusif yang hanya berlaku pada acara siaran langsung saja.

Tak hanya itu, buat juga penawaran menarik seperti “beli 1 gratis 1” maupun diskon besar pada produk tertentu yang hanya berlaku selama live streaming.

Atau, kamu juga bisa mengadakan giveaway bagi para penonton yang telah berpartisi aktif maupun bagi mereka yang melakukan pembelian selama siaran langsung.

Dengan cara ini, tentu saja dapat meningkatkan kedekatan dan semangat para penontonnya.

5. Lakukan Analisis dan Evaluasi Hasil Kerja

Apabila kegiatan live streaming sudah selesai, sangat penting bagi kamu untuk menganalisa kinerja agar memahami setiap kelebihan dan kekurangannya.

Adapun cara menganalisa data yang mencakup jumlah penonton, durasi rata-rata, jumlah interaksi (like dan komentar), serta tingkat konversi penjualan produk.

Hal ini harus dilakukan guna memberikan wawasan yang lebih mendalam seputar keberhasilan sesi live streaming.

Tak hanya itu, perhatikan pula komentar serta feedback dari para penonton. Apabila ada keluhan maupun saran, gunakan infomrasi tersebut untuk meningkatkan performa live streaming di hari mendatang.

Jika perlu, tinjau kebali konten live streamingmu sambil mengamati bagian mana yang paling menarik atau kurang menariknya.

Jadi, sesuaikan strategi kontenmu yang berdasarkan analisa tersebut untuk sesi live streaming selanjutnya.

Nah, itulah beberapa tips yang efektif bagi pemula dalam live streaming untuk jualan.