Sederet Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan dan Asi Booster

 

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan makanan bergizi, buah dan sayuran berbagai macam tumbuh subur. Salah satu yang masih cukup asing untuk dijadikan dalam berbagai olahan adalah daun katuk. Ya, daun katuk merupakan salah satu jenis tumbuhan yang umumnya dikonsumsi para ibu menyusui karena dapat memperlancar asi. Padahal sebenarnya tanaman yang masuk dalam jenis sayuran itu juga nikmat dijadikan dalam berbagai olahan seperti tumis, sayur bening sampai dengan sebagai campuran telur goreng. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas apa saja khasiat daun katuk untuk kesehatan.

Hampir sama dengan sayuran hijau lainnya, daun katuk juga mempunyai kandungan banyak yang baik untuk kesehatan. Hal itu sudah dilakukan dalam sebuah penelitian, dalam daun katuk Anda akan mendapatkan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, forfor, tembaga, niasin sampai dengan vitamin C. Melihat hal tersebut tentu Anda semakin yakin jika daun katuk bukan saja bermanfaat untuk dibuat sebagai sajian makanan keluarga tetapi juga untuk kesehatan Anda. Masih tidak yakin mengolah daun katuk untuk masakan keluarga?

Dari kandungan nutrisi yang ada dalam daun katuk seperti dikatakan diatas, ada sederet manfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda seperti:

1. Mencegah terjadinya peradangan.

Adanya kandungan vitamin C serta karotenoid dengan sifat antioksidannya dapat mencegah terjadinya peradangan. Ditambah lagi dengan adanya senyawa flavonoid, jadi kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas bisa diminimalisir.

2. Percepat penyembuhan luka.

Vitamin C yang terkandung didalamnya membuat khasiat daun katuk terbukti nyata untuk pembangunan kulit. Apalagi ketika kulit Anda mengalami kerusakan seperti terluka, vitamin C akan membantu perbaikan luka sehingga lebih mudah sembuh.

3. Cegah adanya infeksi.

Sudah dilakukan dalam sebuah penelitian, dimana daun katuk dipercaya mampu meminimalisir terjadinya infeksi. Hal itu dilakukan dengan menghambat pertumbuhan beberapa bakteri dalam tubuh sehingga lebih aman.

4. Tingkatkan imun tubuh.

Salah satu manfaat vitamin C adalah meningkatkan imun tubuh, apalagi dijaman pandemic corona seperti sekarang ini. Kekebalan tubuh diperlukan baik untuk melawan adanya infeksi virus, bakteri sampai dengan parasite yang mengganggu.

5. Menurunkan gula darah.

Gula darah yang tinggi jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan diabetes, inilah yang perlu segera diatas. Untung saja ada daun katuk yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut lebih cepat karena kandungan zat antidiabetes.

Dari semua khasiat yang telah dituliskan diatas, umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal sebagai booster ASI. Ya, kabar baik untuk ibu menyusui karena tidak perlu membeli produk pelancar ASI yang mahal. Hanya dengan konsumsi daun katuk saja sudah bisa meningkatkan produksi ASI sehingga si kecil lebih puas mendapatkan asupan nutrisi baik si ibu. Adanya kandungan yang bisa meningkatkan hormone prolactin dan oksitosin yang baik untuk ibu menyusui. Bagaimana, masih tidak yakin akan manfaat daun katuk?

Dijaman yang serba modern seperti ini bagi Anda yang kerepotan mencari tanaman daun katuk bisa mendapatkan dari ekstrak yang dijual dipasaran. Seperti produk dari Herbana yang menawarkan ektrak daun katuk sehingga Anda lebih mudah untuk mengkonsumsi dan jelas lebih praktis. Melihat khasiat daun katuk yang telah disebutkan, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan produk dari Herbana sekarang. Harga terjangkau tetapi manfaat besar untuk kesehatan sekarang, nanti dan kemudian hari. Yuk, beli produk di Herbana sekarang juga!