Kelebihan Menggunakan Kompresor Screw

Kompresor screw merupakan alat kompresor yang dimanfaatkan untuk kompresor udara dan gas. Kompresor sendiri adalah sebuah peralatan mekanik yang fungsi utamanya yaitu meningkatkan tekanan fluida dari udara atau gas. Cara kerja kompresor dengan menghisap udara lalu dipadatkan dalam sebuah ruangan tekanan tinggi, setelah itu dipakai untuk memenuhi kebutuhan fluida bertekanan yang kebutuhannya bisa disesuaikan dengan sistem.

Cara Kerja Kompresor Screw

Salah satu jenis grup kompresor yang banyak digunakan di bidang mesin industri adalah Renner. Cara kerja dari kompresor sekrup ini yaitu dengan sistem ulir. Pertama, udara akan masuk lewat inlet lalu menuju ke sistem ulir yang sedang berputar dan selanjutnya akan melakukan kompresi udara. Udara yang sudah dikompresi tersebut akan disalurkan ke tangki penyimpanan.

Bisa dibilang cara kerjanya ini adalah menghisap lalu melakukan kompresi dan melakukan pengeluaran. Alat kompresi sekrup banyak dipakai untuk pabrik manufaktur. Kompresor sekrup menggunakan 2 screw yang berputar dalam ruangan yang disebut air end.

2 rotor sekrup yang ini akan menghasilkan intake valve dan produksi udara bertekanan yang akan dikeluarkan lewat lubang keluaran atau discharge. Setelah itu udara bertekanan akan dialirkan ke tangki separator untuk memisahkan udara bertekanan dengan oli. Separator sendiri berfungsi untuk menangkap partikel oli saat oli dan udara bercampur lewat separator. Sepperator merupakan komponen dari kompresor sekrup, oli jatuh ke dasar tangki udara larut separator akan masuk ke tahap selanjutnya.

Udara bertekanan yang keluar dari tangki memiliki suhu hingga 90 derajat Celcius. Hal ini membuat diperlukan adanya pendinginan lagi sebelum dikeluarkan supaya udara semakin bersih dari partikel. Ada tahap memasukkan ke filter udara agar lebih presisi dan hasilnya membuat udara lebih bersih yang akan dialirkan ke mesin-mesin utama pada pabrik.

Kelebihan Kompresor Screw

Ada  beberapa kelebihan dari kompresor sekrup yang digunakan banyak untuk industri dunia.

  • Kompresor sekrup bisa beroperasi selama 24 jam tanpa henti dengan daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kompresor piston. Piston hanya bisa bekerja selama maksimal 8 jam.
  • Kompresor ini punya energi yang bisa disimpan sehingga pekerjaan di bidang industri lebih fleksibel karena akan lebih cepat dan menghemat biaya.
  • Untuk perawatan mesin dan pemeriksaannya bisa dilakukan dengan lebih mudah jika dibanding dengan jenis kompresor lain.
  • Melakukan operasi mesin industri ini cukup mudah dengan fasilitas yang sederhana. Mesinnya juga terbilang lebih awet, kuat dan juga stabil.
  • Mesin punya debit air delivery yang lebih besar jika dibanding dengan kompresor piston.
  • Saat terjadi kebocoran udara maka mesin kompresor ini tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan tidak akan membahayakan sekitarnya.
  • Mesin punya tingkat kebisingan yang rendah jadi tidak akan membuat polusi suara di sekitarnya.

Jadi itu tadi beberapa kelebihan yang ada pada  screw compressor. Jenis lain dari kompresor sekrup yang juga banyak dipergunakan untuk industri mesin adalah atlas copco compressor. Dimana alat ini memiliki daya tahan yang tinggi dan juga penggunaannya lebih fleksibel.

Perlu diketahui pula bahwa kompresor sekrup digunakan di seluruh dunia karena mampu menghasilkan udara bertekanan untuk mesin-mesin baik pada pabrik dan juga gedung. Dalam industri keramik kompresor sekrup ini digunakan untuk penyemprotan dan pengeringan pelapisan gelas dan pendinginan produk keramik.

Sementara untuk dunia pembangkit listrik compressor dimanfaatkan untuk fungsi otomatik pembakar pada ketel uap. Kompresor sekrup digunakan untuk industri minuman dan makanan sebagai cara untuk mencampur bahan mentah dalam proses pembuatan bir atau juga digunakan untuk mesin pengisian botol, pemasangan tutup botol sampai pemasangan filter di industri rokok.