Kursi makan juga termasuk salah satu furniture penting yang harus ada di dalam rumah, fungsinya tak lain adalah sebagai tempat untuk duduk, apalagi memang pada dasarnya suasana makan tentu akan kurang nyaman jika Anda tidak mendapatkan tempat duduk yang nyaman pula bukan. Sehingga memang hal semacam ini harus benar-benar diperhatikan dengan tepat mulai dari ukuran, ketinggian sampai dengan modelnya. Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas makan.

Pemilihan material juga tak kalah penting karena akan mempengaruhi usia pakai atau daya tahan dari kursi tersebut. Umumnya kebanyakan masyarakat memang memilih untuk menggunakan kursi makan yang terbuat dari material atau bahan dasar kayu. Apalagi memang pada dasarnya kayu ini sendiri terkenal akan daya tahannya yang sangat bagus, ditambah ia dapat dibentuk menjadi beragam jenis model yang cantik, dengan berbagai ukiran tentunya.

Hanya saja kursi makan berbahan dasar kayu ini juga butuh perawatan yang tepat sehingga nantinya menjadi lebih awet atau tidak mudah rusak, berikut ini diantara tips perawatannya yang dapat Anda coba, yaitu:

1. Tempatkan pada area yang kering, sebaiknya hindari menempatkan kursi atau furniture berbahan dasar kayu yang lainnya pada area yang lembab. Bagaimanapun hal tersebut memang dapat memicu pertumbuhan jamur disana.

2. Hindarkan dari cahaya matahari secara langsung, kayu yang terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus nyatanya juga kurang bagus, mengingat hal ini bisa menyebabkan nantinya kayu tersebut akan mengalami keretakan sehingga rusak, perubahan suhu yang terjadi secara cepat juga berpotensi menyebabkan nantinya kayu akan mudah lapuk.

3. Jika terkena noda maka segera bersihkan dan keringkan, apalagi untuk kursi yang memang ditempatkan pada ruang makan rentan sekali terkena noda makanan, untuk itu agar bisa bersih maka segera dilap, jangan tunggu nanti karena semakin dibiarkan maka nantinya noda akan semakin membandel dan sulit untuk dihilangkan. Setelah dibersihkan maka usahakan juga untuk mengeringkannya langsung.

4. Lapisi ulang permukaannya, Anda juga dapat melakukan pelapisan ulang pada permukaan dari furniture tersebut, hal ini bagus untuk menjaga penampilannya agar tampak mengkilap kembali, ditambah juga membantu untuk meningkatkan daya tahannya, biasanya dilapisi dengan memakai plitur dan juga lapisan anti gores untuk menjaga penampilannya agar selalu tampak seperti baru lagi.

5. Bersihkan dari debu, diantaranya adalah dengan mengelap menggunakan kain kering ataupun juga kuas untuk area yang memang sulit untuk dijangkau. Cara tersebut sangat efektif untuk membersihkannya.

Terapkan kiat-kiat mudah di atas untuk merawat kursi makan Anda, khususnya yang memang terbuat dari material kayu sehingga jadi lebih tahan lama dan juga terjaga penampilannya, membuat suasana makan menjadi lebih nyaman.